Tips Berlatih Teknik Seni Bela Diri Campuran

Tips Berlatih Teknik Seni Bela Diri Campuran

Bela diri adalah salah satu olahraga yang cukup digemari oleh banyak orang. Ada banyak jenis bela diri yang ada di berbagai negara di dunia. Di Indonesia dan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam ada seni bela diri pencak silat. Di Thailand juga ada bela diri Muay Thai, di Jepang ada Karate, dan di Tiongkok ada Kungfu. Selain itu masih banyak cabang seni bela diri lain yang ada di dunia. Ada juga seni bela diri campuran atau Mixed Material Arts (MMA) yang menggabungkan berbagai macam teknik tendangan, pukulan, pergumulan, kuncian dan sebagainya dari berbagai cabang seni bela diri. Dengan berlatih seni bela diri campuran, ada banyak manfaat yang bisa kita dapat, mulai dari mampu membela diri dan menjaga kesehatan tubuh.

Tips Berlatih Teknik Seni Bela Diri CampuranBagi Anda yang tertarik untuk mempelajar seni bela diri campuran atau MMA, Anda bisa berlatih kepada instruktur untuk mendapatkan hasil latihan yang lebih maksimal. Anda bisa datang ke tempat gym atau semacamnya yang menyediakan latihan bela diri MMA. Carilah informasi baik melalui internet maupun dengan bertanya kepada teman mengenai tempat berlatih yang baik dan sesuai dengan kocek Anda. Atau Anda juga bisa mendatangkan instruktur ke rumah Anda secara langsung. Anda akan mendapatkan pola latihan yang telah dirancang oleh instuktur sehingga Anda mampu mempelajarinya dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga berlatih seni bela diri campuran tanpa instrukstur secara langsung, yakni dengan melihat video-video yang ada di Youtube. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih dalam berlatih seni bela diri campuran. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mempelajari seni bela diri campuran maupun bela diri lainnya. Di awal latihan Anda masih termasuk pemula, oleh karena itu harus belajar teknik-teknik dasar terlebih dahulu secara perlahan. jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan untuk mengurangi risiko cedera. Saat Anda mulai menguasai teknik dasar, maka bisa beranjak pada teknik lain yang lebih tinggi juga secara perlahan dan bertahap. Bisa juga dengan mencari partner atau teman berlatih agar latihan Anda tidak terkesan membosankan.
Untuk dapat menguasainya tentu dibutuhkan proses yang tidak instan. Aturlah jadwal latihan Anda, jangan terlalu berlebihan, dan pantang menyerah.